Kamis, 21 Oktober 2010

INFEKSI

Infeksi adalah proses masuknya parasit dan mengadakan hubungan dengan inang. Infeksi terjadi bila parasit itu sanggup mengadakan penetrasi atau melalui tanggul pertahanan inang dan hidup di dalamnya.
Faktor-faktor utama yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi adalah sebagai berikut:
1. Tempat Masuk Parasit ke dalam Inang
Biasanya disebut fortal of entry, adalah saluran pernapasan (mulut dan hidung), saluran gastrointestinal dan pecahan pada selaput lender superficial dan kulit. Beberapa jenis parasit dapat menembus selaput lender atau kulit yang utuh, ada juga yang dimasukkan oleh Arthropoda melalui lapisan-lapisan yang utuh langsung ke dalam saluran getah bening atau aliran darah.
Beberapa jalan masuknya mikroba yang dapat menimbulkan infeksi adalah sebagai berikut:
a. Saluran pernafasan
Masuknya mikroorganisme ke dalam hidung atau mulut terjadi dengan terhidupnya tetes-tetes (droplet) yang tercemar. Tetes demikian tersebar di udara melalui mulut saat bicara, batuk, atau bersin seseorang dengan secret mulut, hidung, atau faringnya mengandung banyak organisme tersebut.

b. Saluran pencernaan
Mikroorganisme ikut masuk bersama makanan, minuman, susu atau jari-jari tangan. Penyebab paling umum adalah protozoa, cacing, bakteri, dan kadang-kadang virus. Di antara protozoa terpenting adalah Entameuba histolytica (penyebab disentri). Penyakit bakteri terpenting adalah yang disebabkan genus Salmonella (tifus abdominalis), genus Shigella, dan kolera.

c. Kulit dan mukosa
Penyakit infeksi setempat pada kulit atau mukosa (selaput lender) dapat disebabkan oleh ragi atau jamur (fungi), bakteri, dan virus, atau oleh bentuk larva dari cacing (cacing tambang). Termasuk di sini adalah penyakit pada konjungtiva (mata) dan penyakit kelamin.

d. Parenteral
Mikroba masuk ke dalam jaringan yang lebih dalam atau ke dalam sirkulasi darah akibat tertusuknya kulit atau cedera yang dalam. Contohnya gigitan nyamuk (malaria), masuknya larva (cacing tambang, tertusuk jarum yang terkontaminasi. Bias juga terjadi saat berlangsung operasi, oleh gigitanbinatang (rabies), tertusuk paku (tetanus) atau penyakit yang ditularkan melalui hubungan kelamin.

2. Penempatan dan Multiplikasi Parasit dalam Tubuh Inang
Dari portal of entry parasit itu dapat segera menyebar melalui jaringan atau melalui saluran getah bening (lymph) masuk ke dalam aliran darah, yang selanjutnya disebarkan secara luas, sehingga parasit itu dapat mencapai tempat khusus untuk bermultiplikasi. Susunan biokimia dari lingkungan dalam jaringan itu menentukan kesensitifan atau resistensi dari inang terhadap parasit itu. Tetapi meskipun terjadi infeksi, ada dua syarat lain untuk kelangsungan hidup bagi parasit itu, yaitu tempat keluar (fortal of exit) dari inang yang cocok dan suatu mekanisme untuk transmisi ke inang yang baru.

Patogenitas dan virulensi terkadang tidak ada perbedaan pengertian yang jelas. Patogenitas berarti kesanggupan untuk menimbulkan penyakit atau menghasilkan luka yang progresif. Virulensi menggambarkan suatu derajat kepatogenan, yaitu suatu organisme yang disebut virulen bila dalam jumlah sedikit dimasukkan ke dalam inang memperlihatkan patogenitas yang jelas. Banyak ahli-ahli yang menggunakan istilah pathogen dalam arti kulaitatif dan virulen dalam arti kuantitatif.
Virulensi dapat juga dipandang sebagai hasil efek kerja tiga komponen yaitu sebagai berikut:
a. Kesanggupan dapat memulai infeksi dan memelihara infeksi itu dalam tubuh inang (infectiousness).
b. Mempunyai daya untuk masuk terus dalam tubuh inang setelah infeksi pertama (invasiveness).
c. Kesanggupan melukai inang sekali infeksi telah terjadi (patogenitas).
Infeksi dan invasi sering terjadi tanpa timbul atau menampakkan suatu penyakit yang jelas misalnya kebanyakan orang dewasa bila terhadapnya tes tuberculin akan memberikan reaksi positif, tetapi sedikit di antaranya yang jelas menderita TBC. Kesanggupan dapat mengadakan infeksi tergantung pada banyak sifat-sifat yang kompleks yang beberapa di atnaranya masih belum diketahui, tetapi yang jelas ialah bahwa parasit itu harus sanggup mengatasi alat pertahanan inang seperti antibody dan fagosit yang dapat menahan bahkan menghancurkan banyak macam mikroorganisme pathogen.
Daya invasi (invasiveness) tergantung pada kesanggupan parasit itu meninggalkan tempat infeksi pertama dan tumbuh dalam jaringan lain. Invasi ke dalam darah dan jaringan dapat saja tidak menimbulkan penyakit yang nyata tergantung pada sifat organisme itu dan resistensi inang.
Patogenitas terutama disebabkan oleh pembentukan toksin, maupun eksoenzim. Toksin-toksin mikroba itu dapat dikeluarkan ke dalam cairan sekitarnya, dan dinamakan eksotoksin, bila toksin itu tetap berada dalam sel dan keluar setelah sel mengalami lisis, maka dinamakan endotoksin.
Berikut table beberapa perbedaan antara endotoksin dan eksotoksin adalah sebagai berikut:

EksotoksinEndotoksin
SumberTerutama (tidak eksklusif) diekskresi bakteri Gram positif tertentuTerutama dilepas dari dinding sel Gram negatif
Sifat/ Struktur kimiaProteinLipopolisakarida
Sensitivitas terhadap panasMudah dinonaktifkan pada 60° - 80°CResisten, dapat menahan pengotoklafan
Ciri imunologiToksin mudah diubah menjadi toksoid; segera dinetralkan oleh antitoksinToksoid tidak dapat dibentuk; netralisasi absent atau lebih sukar menerima antitoksin
Dosis letalKecil, kebanyakan toksin yang diketahui sangat kuatBiasanya lebih besar dari eksotoksin
Aksi farmakologiPada umumnya spesifik untuk tipe sel dan ujung saraf yang khususefeknya bermacam-macam kebanyakan dengan gejala syok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar